Ini adalah website resmi Desa Gumiwang Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah

Artikel

BUMDES Sumber Rejeki Gumiwang Sejahtera Kembangkan Potensi Perikanan Budidaya Kampung Nila

07 Juni 2023 23:17:23  Administrator  372 Kali Dibaca  Taman Mergayas

aquacultur goverment

Pada masa pemerintahan Kepala Desa Arif Fahrudin, S.Pd di desa Gumiwang, terletak di daerah yang subur dan dikelilingi oleh sumber daya alam yang melimpah, terdapat suatu inisiatif yang menarik untuk meningkatkan pendapatan desa tersebut. Desa Gumiwang memutuskan untuk mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang diberi nama "Sumber Rejeki Sejahtera Gumiwang" dengan tujuan utama untuk memajukan sektor perikanan di kampung tersebut.

Melihat potensi alaminya, desa Gumiwang memfokuskan perhatiannya pada budidaya nila. Desa ini memiliki lahan yang cukup luas, mencapai 60 hektar, yang dapat dijadikan kawasan perikanan yang subur. Selain itu, mereka memiliki rencana ambisius untuk membangun sebanyak 1000 kolam budidaya nila yang modern dan efisien.

Dengan didukung oleh sumber daya manusia yang berbakat dan antusias di desa Gumiwang, Bumdes Sumber Rejeki Sejahtera Gumiwang meluncurkan proyek pengembangan kampung budidaya nila. Mereka membangun kolam-kolam dengan teknologi terkini, termasuk sistem aerasi dan pengaturan suhu air yang optimal untuk pertumbuhan ikan nila yang sehat.

Selain itu, Bumdes juga menjalin kemitraan dengan para ahli dan peneliti perikanan dari universitas terdekat. Mereka memberikan pelatihan kepada petani ikan desa Gumiwang tentang teknik budidaya yang modern dan efektif. Para petani ikan dilatih dalam hal manajemen kolam, pemberian pakan yang tepat, dan pemantauan kesehatan ikan secara rutin.

Keuntungan dari pengembangan kampung budidaya nila ini sangat beragam. Pertama, desa Gumiwang akan mampu menghasilkan produksi ikan nila yang berlimpah. Hal ini akan memenuhi kebutuhan lokal akan ikan konsumsi dan berpotensi untuk dipasarkan ke daerah sekitar.

Selain itu, proyek ini juga menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat desa. Petani ikan lokal diberdayakan dan dilibatkan dalam semua tahap produksi, mulai dari pembuatan kolam hingga pemasaran hasil budidaya. Dengan demikian, tingkat pengangguran di desa Gumiwang dapat berkurang, dan pendapatan masyarakat akan meningkat secara signifikan.

Selain memberikan dampak ekonomi yang positif, pengembangan kampung budidaya nila juga berpotensi meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat desa. Dengan pendapatan yang lebih tinggi, mereka akan memiliki akses yang lebih baik terhadap layanan kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur yang lebih baik.

Secara keseluruhan, melalui Bumdes Sumber Rejeki Sejahtera Gumiwang dan proyek pengembangan kampung budidaya nila ini, desa Gumiwang berhasil mengambil langkah maju dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan.

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Pemda Banjarnegara Durenmas Capil Banjarnegara

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:142
    Kemarin:714
    Total Pengunjung:295.792
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:34.204.169.230
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel